Selasa, 09 Oktober 2012

Kampoeng Nasi Kuning

Kuliner malam khas Samarinda

Pernahkah anda merasakan sensasi makan nasi kuning dimalam hari.....
Ya.... Sensasi itu mungkin hanya bisa anda dapatkan apabila anda berada di Samarinda.
Berbeda ketika kita biasa menyantap nasi kuning pada pagi hari atau siang hari, maka menyantap nasi kuning dimalam memiliki sensasi tersendiri.

Berbeda dengan nasi kuning yang ada di Jawa yang biasa dibuat untuk nasi tumpeng, maka nasi kuning ditempat ini disajikan dimalam hari lengkap dengan lauk pauknya seperti : iwak haruan (ikan gabus) yang dimasak habang (baca: masak merah) khas suku Banjar, daging, telur, udang, dll. Dengan perpaduan bumbu khasnya maka dijamin anda akan ketagihan untuk mencicipinya.  

Kawasan kuliner ini terletak di Jl. Lambung Mangkurat Kelurahan Pelita Kec. Samarinda Ilir.
Pada malam hari daerah ini akan berubah menjadi destinasi kuliner nasi kuning. Anda akan menemukan penjual nasi kuning disepanjang jalan ini.

Asal mulanya terciptanya kawasan ini diawali dengan kenekatan salah seorang pemilik warung nasi kuning untuk berjualan pada malam hari. Tidak disangka ternyata hal ini direspon positif oleh masyarakat sekitar dan penikmat kuliner malam. Karena hal ini dianggap baru, dimana biasa orang menyantap nasi kuning dipagi hari berubah menjadi malam hari. Akhirnya karena melihat peluang usaha yang menjanjikan banyak warga sekitar yang membuka warung nasi kuning pada malam hari.

Karena melihat fenomena ini, akhirnya pada sekitar tahun 2010 lalu jalan Lambung Mangkurat ini dianugerahi nama “Kampoeng Nasi Kuning” oleh Walikota Samarinda Bapak H. Syaharie Ja’ang sebagai destinasi wisata kuliner di Samarinda dengan harapan dapat menarik lebih banyak lagi penikmat kuliner malam dari daerah lain. Hmmmmmm yummmmmiiiiiiiii.......................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar